(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=void 0!=f?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(void 0==f)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=0=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; 0=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=b&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Tuesday, April 10, 2007

Susahnya mencari employee

Salah satu tugas terberat gw sebagai HRD adalah nyari karyawan baru yang capable dan sesuai dengan requirement yang dibutuhkan. Hampir 6 tahun lamanya dulu gw diposisi si pencari kerja. sampe akhirnya gw dapet kerja di sini.

Well...dulu gw mengira yang namanya cari kerja susahnya minta ampun. Sekarang...anggapan gw masih sama...cari kerja emang susah...tapi jauh lebih susah cari kandidat pekerja. Hampir 2,5 bulan gw kerja sebagai HRD...hampir tiap hari gw interview kandidat. Sehari bahkan bisa 2-3 kandidat. Waktu interview, lebih gw serahkan pada keluangan waktu si kandidat. daripada gw yang atur-atur tapi mereka gak bisa ya mendingan terserah mereka...(baik kan gw? hehehe).
Kandidat yang gw cari bukan hanya 1 posisi...melainkan 4 posisi dan ada 1 posisi yang butuh sampe 6 orang!!!! so...kerja keras lah gw cari tuh kandidat.

Dulu waktu gw diposisi pencari kerja...Udah gak terhitung berapa banyak gw kirim lamaran kerjaan baik itu via post ataupun yang via internet. Dan lebih banyak lagi waktu yang tidak bisa terhitung ketika gw menjalani 1 test kerja ke test kerja yang lain...dari 1 interview ke interview yang lain...dari 1 psikotest ke psikotest yang lain...sampe2 ada temen gw yang bilang kalo salah satu hobby gw adalah kirim lowongan kerjaan dan interview sana sini....(hehehe).

Yang namanya test...dulu itu gw gak pandang bulu....maksudnya mau deket keq, jauh keq...mau yang bonafit sampe yang gw gak pernah denger tuh lokasi ada disebelah mana...gw jalanin...

Banyak banget yang gw dapatkan dari pengalaman itu...bahwa ketika gw berhadapan dengan kandidat pencari kerja...gw harus lebih WISE dan gak jd HRD yang SOK butuh gak butuh...

Ya pengalaman hidup yang sungguh berharga...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home