(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Thursday, May 03, 2007

Me and my beloved Mom

Almarhumah Rakhma Maimunah
17 Juli 1955 - 23 Agustus 1988

Selama punya blog ini blom pernah story of my family. Gw terlahir sebagai anak sulung dari 5 bersaudara. Sebenernya gw tuh terlahir dari seorang mama bernama Rakhma Maimunah. Sayang sekali beliau telah berpulang ke Rahmatullah ketika habis melahirkan adikku yang ke-3. Waktu itu gw umur 10 tahun kurang, adek gw yang bulan ini mo nikah waktu itu umurnya 6,5 tahun, dan yang beybieh umurnya 26 hari. ya walopun gw masih terhitung anak kecil banget, tp gw terasa banget kehilangan. gimana gak, gw sebagai anak pertama, mama mendidik gw dengan penuh kasih sayang plus disiplin keras. hidup gw waktu kecil itu penuh suka dan disiplin (hehehe...gw kan gak mungkin bilang ...penuh duka). gw sekolah aja dianter ke sekolah naek becak sama mama sekalian mama pergi kekelurahan. secara mama gw tuh aktivis PKK. kalo pulang sekolah sih gw pulang ndiri. soalnya mama gw kan wanita karir dirumah alias ibu rt. tp buat nambah2 pemasukan buat keluarga, mama tuh jualan apa aja. ya jualan makanan sampe jualan baju2. kulakannya di tanah abang.

Soal disiplin, mama tuh orangnya streng banget. gw harus melakukan segala sesuatu pada waktu dan tempatnya. thats why waktu gw SD dari kelas 1-4 gw tuh rangking terus. kalo waktunya belajar gw maen2...wah bs2 gw dikurung dikamar mandi....hihihi. bukannya sadis. tapi itulah mama gw menerapkan disiplin. kalo anak2 lain dikurung dikamar mandi bs nangis bombay gak karuan...kalo gw malah seneng (*mode ndableg ON). caz kamar mandi gw tuh bak mandinya gede banget. bs buat berenang. hahaha. begitupun soal ibadah. biar gw masih kecil & belom aqil balik, tetep aja, waktunya sholat ya sholat, waktunya ngaji ya ngaji. banyak hal baik yang gw ambil dari mama. salah satunya (ini gw copy paste pendapat orang2 yang kenal gw & mama, tanpa bermaksud narsis loh...) kita berdua tuh orangnya rame, sensitif, gampang terenyuh sama orang lain, care sama siapapun, trus kalo disakitin orang tuh kita berdua cuma marahnya sesaat, tapi abis itu ketawa2 lagi.

Secara fisik kita berdua mirip banget. ya ndut, putih, rambut agak ikal kemerah2an. kalo mama masih ada sekarang mungkin kalo kita berdua jalan, kayak anak kembar kali yeee.....hihihi.... tapi apalah daya....ALLAH punya kehendak lain. ALLAH memanggil kembali mama kesisiNya pada tanggal 23 Agustus 1988, dalam usia 33 tahun. usia yang sangat muda dan singkat buat merasakan hidup didunia, nikmatnya bersama suami dan anak2. Waktu mama meninggal, gw shock banget. tau gak...waktu itu jenazah mama dibawa dengan ambulan ke lumajang. Jakarta-lumajang menempuh perjalanan kira2 20jam. gw hanya terduduk terpaku dalam ambulan disamping peti jenazah mama. kenapa pake peti hanya demi keamanan dalam perjalanan aja. Gw sangaat kehilangan. bahkan untuk meneteskan airmata dan menangis saat itupun gw gak sanggup. gw bukannya belum memahami akan arti kematian. justru tiba2 gw jadi terpaksa dewasa saat itu. apalagi saat2 terakhirnya mama sempat berpesan2 (ya semacam wasiat) buat gw. Begini nih pesannya "Shella, mama titip papa&adik2mu. Jaga mereka baik2. Adik2mu harus sekolah tinggi, kalian harus jadi orang sukses"...bayangin deh anak umur 10 tahun dipesanin kayak gt. tapi pasti ada hikmah dari setiap ujian dan cobaan. gw terpaksa harus jd "dewasa", jadi pengganti mama. ya ngurus papa & adik2. gw juga kecil2 jd akunting rumah tangga. mengatur cashflow keluarga diumur segitu. tapi ALLAH sangat saaaayaaaang sama gw. selang 2 tahun sesudah mama pergi, papa nikah lagi dengan nyokap gw. rasa sayang gw gak ada beda pada kedua mama gw. they have same part at my heart. buat gw mereka adalah segalanya. mama gw yang ini namanya mama Tetty. lebih dari 17 tahun mama udah dengan sabar merawat & mengasuh gw. saat2 gw bandel & ndableg...mama dengan sabar membimbing gw. dengan sabar mengarahkan gw. dan dengan ikhlas dan sabar mengantarkan gw sampai gw seperti sekarang ini.

For both of you my Mother's ..... I Love You So Much

kalo menilik lirik lagu BUNDAnya Melly Goeslaw....Oh Mama ada dan tiada dirimu kan selalu ada didalam hatiku....

Jadi kangen nih.....



4 Comments:

  • Shel...cerita kamu bikin aku nitikin air mata pagi2 nih...
    pasti mama kamu bahagia banget di sana punya anak setegar Shella...
    Allah sayang banget ya sama kamu...

    By Blogger nila, at 9:55 AM  

  • Shella...jd nitikkin air mata nih pagi2 baca tulisannya.
    Allah sayang banget sama kamu, Shel..
    Kedua mama kamu pasti bangga punya anak setegar kamu...

    By Blogger nila, at 10:01 AM  

  • gue meweq.com dech pagi pagi, nyokap cantik yah.. kebayang dech aunty shella jg pasti gak kalah cuantikkk..hehe..lucky you aunty punya 2 mama yang baik, dan two lucky mama punya putri sebaik & secantik aunty shella hikss..jum'at jadinya mellow...

    By Blogger Shazma, at 10:31 AM  

  • huhuhu... aku aja yg 'ditinggal' nyokap pas jaman udah kerja, rasanya masih gimana gitu... iya, tegar banget shella, your mom must be very proud of you...

    By Blogger sikea, at 12:13 PM  

Post a Comment

<< Home